INFO TEKNOLOGI

Apresiasi Keberagaman, Mahasiswa Baru Ubaya Ikut Herritage Carnival

Laporan J. Totok Sumarno | Sabtu, 17 Agustus 2019 | 18:56 WIB
Unit kegiatan keagamaan Hindu di Universitas Surabaya ikut tampil pada Herritage Carnival yang diikuti mahasiswa baru. Foto: Totok suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Mahasiswa baru Universitas Surabaya (Ubaya), Sabtu (17/8/2019) ikuti karnaval Herritage Carnival rayakan HUT ke 74 Kemerdekaan Republik Indonesia. Apresiasi keberagaman Indonesia.

Mahasiswa baru tampil dengan mengenakan pakaian adat dan tradisional berbagai daerah di Indonesia. Mulai dari pakaian adat Aceh hingga Nusa Tenggara Timur dikenakan para mahasiswa yang sebelumnya mengikuti upacara dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) ke 74 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

Setelah upacara bendera, para mahasiswa baru berkumpul pada kelompok masing-masing untuk bersiap mengikuti karnaval yang dilepas langsung oleh Ir. Benny Lianto, M.M.B.A.T., Rektor Universitas Surabaya.

Ubaya Heritage Carnival memiliki sub tema culture dan nature yang dibagi ke dalam enam defile atau kelompok yang melibatkan sekurangnya 2.400 mahasiswa baru. Defile dengan sub tema culture digambarkan dalam defile Borneo, defile Bali, defile Betawi, dan defile Chinnese Opera.


Pemilihan defile Chinnese Opera diantara defile-defile Indonesia ingin merepresentasikan akulturasi dan menunjukkan kepada mahasiswa baru bahwa Ubaya merupakan kampus multikultur.

Sedangkan defile dengan sub tema nature diwakili oleh defile Forest dan defile Undersea. Pemilihan defile ini, diambil dengan melihat kondisi alam Indonesia khususnya hutan dan laut yang mulai mengalami kerusakan.

Menurut Ir. Benny Lianto, M.M.B.A.T., Rektor Universitas Surabaya, bahwa karnaval kali ini memang memilih tema tentang nature dan culture agar mahasiswa baru mengenali keberagaman sejak masih awal menjadi mahasiswa.

"Keberagaman Indonesia itu sangat luar biasa. Ini perlu disampaikan, agar para mahasiswa sejak dini juga menyadari bahwa keberagaman negeri ini sangat luar biasa. Kami berharap setelah ini para mahasiswa baru mampu beradaptasi dengan kampus, dan bertemu dengan banyak orang dari latar belakang yang tidak sama. Ini penting," terang Benny Lianto.

Diawali dengan penampilan drumband, karnaval keluar dari kampus Ubaya menuju ke kawasan Jl. Trenggilis, berputar di kawasan Jl. Panjang Jiwo kembali ke kampus Ubaya.(tok)
Editor: Zumrotul Abidin



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
X
BACA LAINNYA