INFO TEKNOLOGI

Bisakah Mengecas Mobil Listrik di Rumah?

Laporan Ika Suryani Syarief | Sabtu, 12 Mei 2018 | 17:56 WIB
Ilustrasi. Stasiun pengisian baterai mobil listrik. Foto: Caradvice
suarasurabaya.net - Era mobil listrik di Indonesia sudah di depan mata terlihat dengan semakin gencarnya para agen pemegang merek (APM) memperkenalkan model-model kendaraan listriknya di Tanah Air.

Salah satu hal yang menjadi kendala dalam mengembangkan market mobil listrik di Indonesia adalah harganya yang mahal, faktor pajak dan tentunya ketersediaan infrastruktur pengisian daya listrik (charge/cas).

Rahardito Dio Prastowo, Technical Instructor PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), menjelaskan pada dasarnya mobil listrik bisa dicas di rumah kendati membutuhkan waktu pengisian yang lebih lama, ketimbang waktu yang dibutuhkan jika diisi melalui perangkat quick charging.

Rahardito mengatakan pengguna mobil listrik di Jepang umumnya mengisi daya listrik di port pengisian umum karena hanya membutuhkan waktu sekira 25 menit untuk 80 persen kapasitas baterai. Sedangkan untuk mengisi daya di rumah membutuhkan waktu 6 jam sampai 10 jam, tergantung nilai ampere dari daya listrik di rumah.

Sedangkan pada listrik rumah tangga di Indonesia dengan rata-rata 6 Ampere, pengisian daya tetap bisa dijalankan kendati memakan waktu yang lebih lama.(ant/iss)
Editor: Ika Suryani Syarief



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.