INFO TEKNOLOGI

UI Digandeng Telkomsel Uji Coba NB-Iot

Laporan J. Totok Sumarno | Rabu, 14 Maret 2018 | 20:22 WIB
Saat pelaksanaan uji coba bike sharing di kampus Universitas Indonesia. Foto: Humas Telkomsel
suarasurabaya.net - Telkomsel dan Universitas Indonesia implementasikan bike sharing sebagai bagian akselerasi terbentuknya ekosistem Internet of Things (IoT) di Indonesia. Telkomsel menjadi yang pertama di Indonesia lakukan komersialisasi teknologi NB-IoT (Narrowband Internet of Things).

NB-IoT merupakan teknologi telekomunikasi terbaru yang dirancang secara khusus agar komunikasi antar mesin yang semakin masif dengan coverage jaringan telekomunikasi yang semakin luas dapat dilakukan secara efisien, serta penggunaan daya pada perangkat pengguna semakin hemat.

Teknologi radio akses NB-IoT, yang merupakan salah satu jenis teknologi jaringan Low Power Wide Area (LPWA), memungkinkan perangkat beroperasi hingga bertahun-tahun tanpa pengisian daya ulang baterai sehingga sangat menghemat biaya.

Teknologi ini juga mampu menghasilkan kapasitas koneksi yang masif untuk solusi dan aplikasi berbasis IoT.

Ririek Adriansyah Direktur Utama Telkomsel mengatakan bahwa secara konsisten pihaknya terus meningkatkan kesiapan teknologi dan jaringan menghadapi tren IoT yang sedang berkembang secara global.

"Uji coba ini menunjukkan bagaimana NB-IoT digunakan menghubungkan jutaan sensor produktivitas bisnis dan kualitas hidup. Ini sejalan dengan visi kami melakukan transformasi digital yang bermanfaat bagi masyarakat," terang Ririek.

Lebih lanjut Ririek menambahkan uji coba bike sharing adalah bagian dari pengembangan teknologi NB-IoT untuk melengkapi teknologi IoT sebelumnya.

"Ini inovasi yang diimplementasikan sebelumnya sebagai kelanjutan dari inovasi platform FleetSight dan Connectivity Control Center Telkomsel yang sudah hadir terlebih dahulu," tukas Ririek.

Bike sharing adalah sebuah konsep layanan peminjaman sepeda kepada publik dalam jangka waktu tertentu dari satu titik lokasi ke titik lokasi lainnya.

Teknologi yang diterapkan pada ekosistem sepeda kuning (Spekun) di kampus UI Depok tersebut adalah teknologi bike sharing generasi keempat plus (4+) yang merupakan penyempurnaan dari sistem bike sharing generasi keempat. Teknologi ini merevolusi sistem bike sharing manual generasi sebelumnya.

Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met., Rektor Universitas Indonesia mengatakan bahwa UI bangga menjadi kampus pertama penerapan sistem bike sharing generasi 4+ ini.

"Untuk mewujudkan visi smart & green campus, penerapan teknologi pada jenis transportasi umum seperti Spekun memang memegang peranan penting. Kami sangat berterimakasih menerima implementasi teknologi terbaru Telkomsel ini," ujar Muhammad Anis.(tok/rst)
Editor: Restu Indah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.