INFO TEKNOLOGI

Sel Kulit Mati Mengganggu 'Kesehatan' Komputer

Laporan Denza Perdana | Kamis, 22 Februari 2018 | 22:04 WIB
Ilustrasi. Foto: Antara
suarasurabaya.net - Para pakar komputer di Best Buy's Geek Squad mengatakan beberapa hal yang menyebabkan kinerja komputer melambat dan cara mengatasinya. Salah satunya sebab di antaranya mungkin tak pernah terpikirkan oleh pengguna.

Dikutip Antara dari Independent, para pakar komputer di Florida itu menyebutkan, beberapa cara mempercepat kinerja komputer antara lain dengan menghapus file sementara, aplikasi yang tidak terpakai, dan menghapus program-program lama.

Sejak penemuan teknologi asam alfa hidroksi (AHA) oleh Dr Van Scott dan Dr Ruey Yu pasa 1969, masalah pengelupasan kulit mati yang menimbulkan berbagai penyakit kulit telah teratasi. Tapi di masa kini, sel kulit mati yang terkelupas ternyata diduga menjadi biang kerok di balik lambatnya kinerja komputer.

Adam Silkey anggota tim Geek Squad mengatakan, Komponen kipas di dalam komputer menjadi komponen yang cukup krusial menjaga kinerja komputer. "Kipas itu yang membuat komputer tetap dingin dan bekerja cepat," katanya.

Maka segala jenis hal yang menyumbat kipas komputer ini, seperti debu, makanan, dan sampah lainnya, akan menjadikan komputer Anda menjadi lebih lambat dari biasanya.

Nah, menurut Silkey, debu yang menyumbat kipas komputer sebagian besar terdiri dari kulit mati manusia yang telah terkelupas.

Untuk mencegah terkumpulnya debu (sel kulit mati) ini, Silkey menyarankan pemilik komputer menggunakan kaleng semprot angin untuk membersihkan bagian dalam komputer dan keyboard setiap enam bulan sekali.

Berdasarkan penelitian, keyboard dapat mengandung bakteri lima kali lebih banyak daripada tempat duduk toilet, jadi masih ada lagi yang harus Anda lakukan.

"Untuk membersihkan layar, mouse dan permukaan datar lainnya, Anda harus mematikan komputer kemudian membersihkannya dengan kain microfiber," katanya.

"Agar lebih bersih, Anda bisa mendisinfeksi dan membuang kotoran berlebih dengan menggunakan campuran air dan alkohol atau air dan cuka - sedikit saja, jangan sampai kebanyakan.

"Untuk keyboard, bersihkan dengan menggunakan sikat lembut yang besar untuk debu atau Anda bisa memakai kaleng semprot untuk menghilangkan kotoran di antara tombol.

"Anda pun bisa menggunakan kain yang dibasahi dengan alkohol untuk menghilangkan noda tapi jangan terlalu basah," katanya.(ant/den)


Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.