INFO TEKNOLOGI

Gagal Registrasi Kartu? Ini Penyebab dan Langkah Anda Selanjutnya

Laporan Dwi Yuli Handayani | Senin, 13 November 2017 | 11:23 WIB
Ilustrasi
suarasurabaya.net - Anda pernah mencoba registrasi ulang kartu seluler tapi gagal? Ternyata ada beberapa penyebab dan ada langkah-langkah yang harus Anda lakukan.

Prof. Dr. Ahmad M. Ramli Dirjen Penyelenggara Pos dan Informatika Kementrian Komunikasi dan Informatika mengatakan, gagal registrasi terjadi karena ketidakmatchingan antara data NIK dan KK karena ada perubahan data.

Kemudian, kata dia, pada tanggal 31 Oktober 2017 ini juga ada hits yang gagal karena ada rush. Di saat yang sama karena ada hoax yang beredar di masyarakat kalau tanggal 31 Oktober kemarin ini terakhir registrasi. Ini yang kemudian menyebabkan terjadi akses di luar kemampuan.

"Tapi kalau akses di luar kemampuan ini sudah diatasi karena Dispendukcapil sudah memberikan bandwitch yang lebih besar," kata Ahmad saat berbincang dengan suarasurabaya.net.

Lalu, apa yang bisa dilakukan jika Anda gagal saat registrasi? Kata Ahmad, masyarakat disarankan datang ke gerai untuk melakukan pendaftaran.

"Tidak usah repot fotocopy KK tapi cukup sebutkan nomor KK dan fotocopy KTP," ujar dia.

Kata Ahmad, registrasi ulang kartu seluler ini merupakan program kolaborasi yang baik antara Kemendagri dan Dispendukcapil karena masyarakat akan menertibkan dirinya terkait data.

"Kita ini negara yang besar tapi data kependudukannya belum bagus. Program yang dilakukan bersama ini membantu Dukcapil membuat data yang benar dan ini dimanfaatkan kami untuk validasi," katanya. (dwi/rst)
Editor: Restu Indah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.