INFO TEKNOLOGI

Karya Wisudawan: Nyalakan dan Matikan Lampu Rumah Pakai Smartphone

Laporan J. Totok Sumarno | Jumat, 13 Oktober 2017 | 14:38 WIB
Pandya dan perangkat temuannya yang memanfaatkan akses internet. Foto: Totok suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Memantau penggunaan listrik yang berasal dari surya, menggunakan smartphone, antar Pandyapratita Putra mahasiswa Fakultas Teknik progdi Teknik Elektro UKWMS jadi wisudawan aktif berprestasi 2017.

Penggunaan listrik yang berasal dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) saat ini mulai banyak dikembangkan masyarakat. Listrik yang mengandalkan tenaga matahari sebagai sumber tersebut bisa dipakai pada kebutuhan rumah tangga.

"Ternyata itu tidak diimbangi dengan munculnya perangkat pengontrol untuk mencegah pemakaian atau penggunaan listrik berlebih. Dari situ perangkat ini kemudian lahir. Selain mengontrol penggunaan listrik lewat smartphone juga untuk mencegah pemakaian berlebih," kata Pandyapratita Putra mahasiswa Fakultas Teknik progdi Teknik Elektro UKWMS.

Menggunakan perangkat solar cell, Pandya kemudian menyalurkan listrik yang ada untuk menyalakan lampu maupun kipas angin. "Tetapi dengan menambah perangkat Alat Pemutus Penghubung (APP) maka penggunaan lampu bisa dikontrol melalui smartphone," tambah Pandya.

Dengan perangkat yang butuh waktu sekitar 7 bulan untuk diujicobakan itu, akhirnya Pandya berhasil menyalakan lampu atau mematikan lampu melalui smartphone yang sudah terhubung dengan perangkat di rumahnya yang sudah terkoneksi internet.

"Alat ini sepenuhnya bergantung pada koneksi internet untuk fungsi pengendalian dari jarak jauh. Semakin bagus koneksi internet maka fungsinya juga akan terlihat jelas dan dapat diandalkan. Karena setelah listrik masuk kedalam perangkat APP, maka sepenuhnya bergantung koneksi internet," ujar Pandya.

Pendek kata, temuan Pandyapratita Putra mahasiswa Fakultas Teknik progdi Teknik Elektro Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya ini merupakan sarana atau aplikasi yang berguna bagi masyarakat.

Sementara itu, Emilia Fandira Nasera Putri mahasiswa Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) program studi Pendidikan Fisika menciptakan inovasi media pembelajaran mandiri berbentuk board games Heat & Monster Bingo.

"Karena hingga hari ini memang belum ada dipasaran, board games fisika. Dengan permainan ini , pelajar khususnya mereka yang masih SMA sederajat akan dimudahkan belajar fisika. Permainan ini dasarnya adalah Bingo, dan tidak sulit dimainkan siapa saja secara berkelompok," papar Emilia.

Hanya saja, lanjut Emilia permainan ini mewajibkan psertanya menjawab beberapa soal pertanyaan fisika yang juga harus dijawab saat permainan mulai dimainkan. "Harapannya dengan boardgames ini , pelajar tertarik dengan fisika, dan mereka mau belajar sekaligus bermain," kata Emilia, Jumat (13/10/2017).

Emilia dan Pandya adalah dua mahasiswa UKWMS yang dipastikan bakal mengikuti wisuda periode II tahun 2017 yang dijadwalkan digelar Sabtu (14/10/2017) di Ballroom Shangri-La Hotel Surabaya. Pada upacara wisuda nanti akan dikukuhkan 561 wisudawan.(tok/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.