INFO TEKNOLOGI

Robot Anjing Pengendus Bau Kaki yang Bisa Pingsan Kalau Baunya Keterlaluan

Laporan Denza Perdana | Minggu, 10 September 2017 | 16:44 WIB
Robot Hana-chan. Foto: uk.pressfrom
suarasurabaya.net - Anda yang merasa kaki anda bau tapi tidak berani bertanya kepada teman, sebuah perusahaan start-up asal Jepang punya solusinya. Mereka membuat robot anjing yang bisa mengendus kaki Anda dan memberikan jawaban secara jujur. Bahkan mereka bisa pingsan bila baunya terlalu menyengat.

Teknologi memang bisa memberikan solusi atas banyak hal. Bau kaki bisa membuat suasana menjadi canggung, apalagi di negara yang mana orang-orangnya terbiasa membuka alas kaki saat masuk ke rumah. Apalagi kalau kebiasaan ini juga diterapkan di sebuah pertemuan resmi tapi santai di rumah seorang bos perusahaan, misalnya.

Hana-chan, diambil dari kata "hana" dalam bahasa Jepang yang berarti "hidung," tapi juga merupakan nama lazim dari perempuan Jepang. Hana-chan adalah robot anjing kecil yang akan menggonggong bila ia mendeteksi bau. Bila baunya sangat parah, si robot akan tersungkur seperti pingsan.

Robot anjing sepanjang 15 cm itu dilengkapi sensor deteksi bau di hidungnya. Dia juga bisa menyemprotkan pengharum udara untuk memperbaiki situasi bila aroma kaki "tuannya" sangat menyengat.

Mengutip AFP, Next Technology membuat robot ini sebagai respons dari permintaan seorang pria yang sangat penasaran apakah kakinya bau.

"Dia mengatakan pada kami bahwa putrinya bilang kakinya bau. Tapi dia tidak mau tahu seberapa parah baunya karena itu hanya membuatnya terluka," kata Kimika Tsuji Pegawai Next Technology, dikutip Antara, Minggu (10/9/2017). "Itulah mengapa kami membuat robot imut ini."

Robot itu rencananya dijual awal tahun depan dengan harga lebih dari 100.000 yen atau Rp12 juta.(ant/den)


Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.